Rabu, 23 Mei 2012

ASKEB PERSALINAN DENGAN IUFD

ASUHAN KEBIDANAN PADA NY.”R” G1 P0000 Ab000 UK 28
MINGGU DENGAN IUFD DI IRNA III RUANG KABER
RSUD DR. SAIFUL ANWAR MALANG



Oleh:
Neneng Dwi Nanda P.R
2009744112



AKADEMI KEBIDANA WIRA HUSADA NUSANTARA
MALANG
2012
LEMBAR PENGESAHAN

ASUHAN KEBIDANAN PADA NY.”R” G1 P0000 Ab000 UK 28
MINGGU DENGAN IUFD DI IRNA III RUANG KABER
RSUD DR. SAIFUL ANWAR MALANG


Malang, ….. Maret 2012
Mahasiswa


Neneng Dwi Nanda P.R
Nim: 2009744112



Pembimbing Institusi                                                  Pembimbing Klinik


Titin Sutriyani, SST                                                    Kuswati, AMd. Keb
Nip:                                                                             Nip:




Kepala ruangan



Hj. Rosalia Siswanti, SST
Nip:



KATA PENGANTAR

Dengan mengucap Alhamdulillah, penulis mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas segala rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan asuhan kebidanan pada Ny.”R” G1 P0000 Ab000 Uk 28 minggu dengan IUFD di Irna III ruang KABER RSUD dr. Saiful Anwar Malang dalam membuat asuhan ini, penulis sudah berusaha semaksimal mungkin dengan segala kemampuan yang penulis miliki.

Tanpa mengurangi penghargaan penulis kepada semua pihak yang telah berjasa terhadap penyelesaian asuhan kebidanan ini, secara khusus penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1.      Dr. dr. Basuki Bambang P. SpU, selaku direktur RSSA Malang
2.      Dr. Nugrahanti prasetyo rini SpOG (K), selaku K.A IRNA III
3.      Hj. Sukarti AMd. Keb, selaku KAUP IRNA III
4.      Ibu Hj. Rosalia siswanti, SST selaku kepala ruangan KABER RSSA Malang
5.      Ibu Kuswati AMd.Keb, selaku pembimbing klinik yang telah memberikan bimbingan, dorongan dan membantu proses pembuatan asuhan kebidanan ini.
6.      Ibu-ibu perawat, bidan, dan pekarya ruang KABER RSSA Malang
7.      Ibu Vivin, SST dan Ibu Titin Sutriyani, SST, selaku dosen pembimbing akademik yang telah membimbig dan membantu proses pembuatan asuhan kebidanan ini.

Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada semua pihak yang turut berperan dalam penyelesian auhan kebidanan ini. Sudah tentu, asuhan yang sederhana ini terdapat kekurangan dan kelemahan. Oleh karena itu, kritik dan saran yang membangun penulis dambakan demi kemajuan penulis. Akhir kata penulis berharap semoga asuhan yang di susun ini bermanfaat.


Malang, Maret 2012

Penulis



BAB I
PENDAHULUAN

I            Latar belakang
Persalinan adalah proses dimana bayi, plasenta dan selaput ketuban keluar dari uterus ibu. Tidak semua persalinan berjalan normal, tetapi ada beberapa persalinan yang di sertai dengan penyulit baik dari klien seperti preeklampsia, eklampsia maupun janin seperti kelainan letak atau adanya penyulit dari kedua faktor tersebut.
Intra Uterin Fetal Death (IUFD) adalah kematian janin dalam kehamilan sebelum terjadi proses persalinan pada usia kehamilan 28 minggu ke atas atau BB janin lebih dari 1000 gram.
Kematian bayi dalam kandungan (Intra Uterine Fetal Death) dapat dikarenakan berbagai hal seperti terkena lilitan tali pusat, pendarahan serta akibat tekanan darah tinggi si ibu yang mengandung. Kematian janin dalam kandungan dapat dicegah dengan cara memeriksakan kandungan secara teratur ke dokter. Kalaupun terjadi kelainan pada masa kehamilan, bisa ditanggulangi sedini mungkin. Bayi yang ada dalam kandungan selalu bergerak dan sebagian besar kasus bayi mati dalam kandungan karena kesalahan aktivitas yang dilakukan seperti berolahraga dengan gerakan-gerakan yang cukup giat/berlebihan. Karena itu dianjurkan selama masa kehamilan sebaiknya mengurangi aktivitas yang membahayakan janin dalam kandungan. Hal ini untuk mengantisipasi bayi yang dililit lehernya. Ibu hamil hendaknya selalu berhati-hati jika beraktivitas dan berkonsultasi dengan dokter secara teratur.

II            Tujuan
1.2.1   Tujuan  umum
Mampu memberikan asuhan kebidanan yang tepat pada ibu hamil sesuai dengan menegement kebidanan.
1.2.2   Tujuan  khusus
a.    Melakukan pengkajian data subyektif dan obyektif pada klien.
b.    Mengidentifikasi diagnosa dan masalah.
c.    Mengidentifikasi masalah potensial.
d.   Mengidentifikasi rencana tindakan.
e.    Membuat rencana tindakan.
f.     Melaksanakan tindakan.
g.    Melaksanakan evaluasi dan hasil tindakan.

III            Sistematika penulisaan
BAB I    pendahuluan
Melalui latar belakang masalah dan sistematika penulisan.
BAB II Tinjauan Teori
Pada tinjauan teori ini yang dibahas adalah kosep persalinan dan konsep IUFD.
BAB III Tijauan Kasus                                                                                      
Meliputi 7 langkah Varney yaitu pengkajian meliputi data subyektif dan obyektif, identifikasi diagnosa dan masalah, identifikasi masalah potensial, identifikasi kebutuhan segera, intervensi, implementasi dan evaluasi.
BAB IV    Penutup
Meliputi kesimpulan dan saran
DAFTAR PUSTAKA

















BAB II
TINJAUAN TEORI

KONSEP PERSALINAN
I            DEFINISI
Persalinan adalah proses dimana bayi, plasenta dan selaput ketuban keluar dari uterus ibu. Persalinan dianggap normal jika prosesnya terjadi pada usia kehamilan cukup bulan (setelah 37 minggu) tanpa disertai adanya penyulit (asuhan persalinan normal, 2007:37).
Persalinan adalah serangkaian kejadian yang berakhir dengan pengeluaran bayi yang cukup bulan atau hampir cukup bulan, disusul pengeluaran plasenta dan selaput ketuban dari tubuh ibu (bagian obstetric dan ginokelogi fakultas kedokteran universitas padjadjaran Bandung:221).
Persalinan adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi (janin dan uri) yang dapat hidup ke dunia luar dari rahim melalui jalan lahir (mochtar, 1998:91).
Partus adalah suatu proses pengeluaran hasil konsepsi yang dapat hidup dari dalam uterus melalui vagina ke dunia luar (sarwono, 2006:180).
Persalinan normal adalah proses kelahiran janin pada kehamilan cukup bulan (aterm, 40 minggu), pada janin letak memanjang dan presentasi belakang kepala yang di susul dengan pengeluaran plasenta dan seluruh proses kelahiran itu berakhir dalam waktu kurang dari 24 jam, tanpa tindakan atau pertolongan buatan dan tanpa komplikasi (sumapraja, 2005:47).
Persalinan adalah serangkaian proses yang berakhir dengan pengeluaran hasil konsepsi oleh ibu. Proses ini di mulai dengan kontraksi persalinan sejati, yang di tandai oleh perubahan progresif  pada serviks dan di akhiri dengan kelahiran plasenta (varney, 2007:672).

II            BENTUK PERSALINAN
a.       Persalinan spontan adalah persalinan yang berlangsunng dengan kekuatan ibu sendiri dan melalui jalan lahir.
b.      Persalinan buatan adalah persalinan yang di bantu dengan tenaga dari luar misalnya ekstraksi dengan forcep atau di lakukan operasi sectio caesarea.
c.       Persalinan anjuran adalah pada umumnya persalinan terjadi bila bayi sudah cukup besar untuk hidup di luar, tetapi tidak sedemikian besarnya sehingga menimbulkan kesulitan dalam persalinan. Kadang- kadang persalinan tidak  mulai dengan sendirinya tetapi baru berlangsung setelah pemecahan ketuban, pemberian pitocin atau prostaglandin.
                                                                                                                             
III            SEBAB-SEBAB TERJADINYA PERSALINAN
Sebab-sebabnya belum di ketahui dengan jelas. Agaknya banyak faktor yang memegang peranan dan bekerja sama sehingga terjadi persalinan, yang ada hanya beberapa teori yang kompleks.
a.       Penurunan kadar progesteron
Progesteron menimbulkan relaksasi otot-otot rahim. Sebaliknya estrogen meninggikan kerentanan otot-otot rahim. Pada akhir kehamilan kadar progesteron menurun sehingga timbul his.
b.      Teori oxytocin
Pada akhir kehamilan kadar oxytocin bertambah sehingga timbul kontraksi otot-otot rahim.
c.       Keregangan otot-otot
Dengan majunya kehamilan makin terenggang otot-otot sehingga timbul kontraksi untuk mengeluarkan isinya.
d.      Pengaruh janin
Hifofise dan kelenjar suprarenal janin memegang peranan oleh karena pada ancephalus persalinan lebih lama dari biasanya.
e.       Teori prostaglandin
Prostaglandin yang di hasilkan desidua di sangka menjadi salah satu permulaan persalinan.
f.       Teori plasenta menual
Karena plasenta menjadi tua yang menimbulkan kontraksi rahim.
g.      Teori iritasi mekanik
Di belakang serviks terdapat ganglion serviks (fleksus franken hauser) bila ganglion ini di geser dan ditekan oleh kepala janin akan timbul kontraksi uterus.
                             
IV            FAKTOR-FAKTOR YANG BERPERAN DALAM PEMBUKAAN SERVIKS
Inpartu dimulai sejak uterus berkontraksi dan menyebabkan perubahan pada serviks (membuka dan menipis). Faktor-faktor yang berperan antara lain:
1.      Kekuatan yang berperan mendorong janin keluar(power)
·         His(kontraksi uterus)
·         Kontraksi otot-otot dinding perut
·         Kontraksi diafragma
·         Ligamentum action terutama ligamentum rotundum
2.      Faktor janin (passangers)
3.      Faktor jalan lahir (passage)
4.      Psikis wanita
5.      Penolong
                             
V            TANDA-TANDA PERMULAAN PERSALINAN
Burvill (2002) menerangkan sebelum mengalami persalinan akan mengalami pergeseran prioritas mereka ketika kelahiran semakin mendekat, di tandai dengan adanya dorongan energi dan aktivitas nesting (persiapan melahirkan).
Sebelum terjadi persalinan sebenarnya beberapa minggu sebelumnya wanita memasuki bulannya atau minggunya atau harinya yang disebut kala pendahuluan yang di tandai:
1.      Lightening atau droping yaitu kepala turun memasuki pintu atas panggul terutama pada primigravida sedangkan pada multipara tidak begitu kentara.
2.      Perut kelihatan lebih melebar fundus uteri menurun.
3.      Perasaan susah kencing karena kandung kemih tertekan oleh bagian terbawa janin.
4.      Perasaan sakit di perut dan di pinggang oleh adanya kontraksi-kontraksi lemah dari uterus,kadang-kadang  disebut fase labor pains.
5.      Serviks menjadi  mendatar dan sekresinya bertambah, bisa bercampur darah.                           
VI            TANDA-TANDA INPARTU
1.      Rasa sakit oleh adanya his yang datang lebih kuat, sering dan teratur.
2.      Keluar lendir bercampur darah yang lebih banyak karene robekan-robekan kecil pada serviks.
3.      Kadang-kadang ketuban pecah dengan sendirinya.
4.      Pada pemeriksaan dalam serviks mendatar dan pembukaan telah ada.

VII            PROSES PERSALINAN
Di bagi menjadi 4 kala
1.      Kala 1 (kala pembukakan serviks)
Di mulai sejak terjadinya kontraksi uterus yang teratur dan meningkat (frekuensi dan kekuatannya) hingga serviks membuka lengkap (10 cm). Terdiri 2 fase yaitu fase laten dan aktif.
ü  Fase laten, dimana pembukaan serviks berlangsung lambat sampai pembukaan 3 cm berlangsung 7-8 jam.
ü  Fase aktif, pembukaan serviks lebih cepat dan pembukaan 4 sampai lengkap berlangsung 6 jam, terdiri dari:
·         Fase accelerasi, fase percepatan dari pembukaan 3-4 yang di capai dalam 2 jam.
·         Fase dilatasi maksimal, fase kemajuan maksimal dari pembukaan 4cm sampai 9cm dalam 2 jam.
·         Fase deselerasi, berlangsung lambat dari pembukaan 9cm sampai 10cm selama 2 jam.
Saat memberikan asuhan pada kala 1 beberapa informasi datar mengenai kesehatan fisik dan emosi ibu harus di kumpulkan secara lengkap dan di dokumentasikan dengan baik
Partograf adalah representasi grafis elemen fisik persalinan ibu dan meliputi pendokumentasian kontraksi, pemeriksaan vagina, observasi ibu (temperatur, nadi, tekanan darah, urinalisis) setiap obat yang diberikan dan sebagainya. Pendokumentasian pada patograf  di mulai saat ibu dalam fase aktif. Studi observasi (buchman,2000) dan percobaan besar di Asia tenggara yang di pimpin WHO tahun 1994 menemukan bahwa partograf memberikan banyak manfaat dalam hal pengenalan persalinan lama dan mendorong rujukan serta tindakan yang di perlukan. Hal ini terbukti dapat menghasilkan mortalitas perinatal, bedah sesar darurat (buchmann:2000).
2.      Kala II (kala pengeluaran janin)
Pada pengeluaran janin his terkoordinir, kuat dan lebih lama kira-kira 2-3 menit sekali. Kepala janin telah masuk ruang panggul sehingga terjadilah tekanan pada otot-otot dasar panggul yang secara reflektoris menimbulkan rasa mengedan. Karena tekanan pada rektum, ibu merasa seperti mau membuang air besar, dan tanda anus membuka. Pada waktu his, kepala janin mulai kelihatan, vulva membuka, dan perinium menegang. Dengan his mengejan yang terpimpin akan lahirlah kepala janin diikuti oleh seluruh badan janin. Kala II pada primi 1½-2 jam, pada multi ½-1 jam. Ketentuan waktu kala II harus dihilangkan bila tidak ada masalah maternal atau janin dan kemajuan terus terjadi. Menghentikan kala II yang lama dengan persalinan instrumental akan meningkatkan morbiditas maternal dan janin serta tidak akan memperbaiki hasil.
3.      Kala III (kala pengeluaran uri)
Setelah lahirnya bayi, miometrium kontraksi mengikuti penyusupan volume rongga uterus. Penyusutan ini menyebabkan berkurangnya ukuran tempat perlekatan plasenta. Karena tempat perlekatan plasenta semakin kecil plasenta akan terlipat, menebal dan kemudian lepas dari dinding uterus. Kemudian plasenta akan turun ke bagian bawah uterus atau kedalam vagina. Seluruh proses itu biasanya berlangsung 5-30 menit setelah bayi lahir. Pengeluaran plasenta biasanya di seertai pengeluaran darah kira-kira 100-200 cc.
Ada 2 cara pelepasan plasenta
a.       Schultze
Pelepasan dimulai pada bagian tengah plasenta dan disini terjadi hematoma retro plasentair yang selanjutnya mengangkat plasenta dari dasarnya, cara ini paling sering kita jumpai.
b.      Ducan
Pelepasan mulai pada pinggir plasenta. Cara pelepasan ducan terutama terjadi pada plasenta letak rendah.
4.      Kala IV
Adalah kala pengawasan 1 jam setelah bayi dan uri lahir untuk mengamati keadaan ibu terutama terhadap bahaya perdarahan post partum.
Pengaawasan perdarahan post partum yang harus di awasi adalah:
ü  Plasenta diperiksa dengan teliti apakah lengkap atau tidak.
ü  Darah yang keluar dari jalan lahir.
ü  Fundus uteri.
ü  Kontraksi rahim.
ü  Keadaan umum ibu (nadi, tekanan darah, suhu, pernafasan).
ü  Pengobatan perdarahan post partum adalah dengan massage rahim, suntikan pitocin dan methergin, pemberian infus.
Setelah kondisi ibu dipastikan dalam keadaan baik, ibu di pindahkan keruangan bersama bayinya (rooming in).

VIII            MEKANISME PERSALINAN
Pada minggu terakhir kehamilan, segmen bawah rahim meluas untuk menerima kepala janin, terutama pada primi dan juga pada multi pada saat-saat partus mulai. Hampir 96% janin adalah letak kepala pada letak belakang kepala di jumpai pada:
ü  Ubun-ubun kecil kiri depan 58%.
ü  Ubun-ubun kecil kanan depan 23%.
ü  Ubun-ubun kecil kanan belakang 11%.
ü  Ubun-ubun kiri belakang 8%

Kenapa lebih banyak letak kepala, di kemukakan 2 teori:
1.      Teori akomodasi
Bentuk rahim memungkinkan bokong dan ekstremitas yang volume besar berada di atas dan kepala di bawah di ruangan yang lebih sempit.
2.      Teori gravitasi
Kepala relatif besar dan berat, maka akan turun ke bawah. Karena his yang kuat dan teratur maka kepala janin turun memasuki pintu atas panggul. Karena menyesuaikan diri dengan jalan lahir kepala bertambah menekuk (fleksi maksimal) sehingga lingkar kepala yang memasuki panggul dengan ukuran yang terkecil yaitu diameter suboccipito-bregmatika 9.5cm dan cirkumferensia suboccipito –bregmatika 32cm.
Gerakan utama  kepala dalam persalinan
a.       Turunnya kepala
Masuknya kepala dalam pintu atas panggul, pada primi terjadi pada bulan terakhir kehamilan dan multi pada permulaan persalinan.
b.      Fleksi
Dengan majunya kepala maka fleksi bertambah sehingga SOF 11cm menjadi SOB 9.5 cm.
c.       Putar paksi dalam
Menyesuaikan posisi kepala dengan bentuk jalan lahir khususnya bidang panggul tidak terjadi sebelum hodge III.
d.      Ekstensi
Disebabkan sumbu jalan lahir mengarah ke depan dan ke atas.
e.       Putar paksi luar
Setelah kepala lahir maka kepala anak memutar kembali ke arah punggung.
f.       Expulsi
Setelah melahirkan bahu depan dan belakang selanjutnya seluruh tubuh.

IX            PIMPINAN PERSALINAN
Perlu didasari persalinan adalah suatu tugas dari seorang ibu yang harus di hadapi dengan tabah walaupun tidak jarang mereka cemas dalam menghadapi masalah tersebut. Oleh karena itu mereka membutuhkan penolong yang dapat dipercaya dan selalu siap didepan dalam mengatasi kesukaran.
1.      Pimpinan persalinan kala I
Pekerjaan penolong adalah mengawasi wanita inpartu sebaik-baiknya dan melihat apakah semua persiapan untuk persalinan sudah dilakukan. Pemberian obat atau tindakan hanya dilakukan bila ada indikasi untuk ibu maupun janin. Apabila kepala janin telah masuk ke dalam PAP dan ketuban belum pecah, ibu bisa duduk atau berjalan-jalan di sekitar kamar bersalin. Apabila kepala janin belum masuk sebaiknya berbaring terlentang karena bila ketuban pecah, mungkin terjadi komplikasi-komplikasi seperti prolaps tali pusat, prrolaps tangan. Jika ketuban sudah pecah dilarang jalan, harus berbaring. Pemeriksaan vagina dilarang kecuali ada indikasi karena mempertinnggi resiko infeksi. Pada kala I dilarang mengejan karena belum waktunya dan menghabiskan tenaga ibu. Kala I berakhir apabila pembukaan sudah lengkap sampai 10 cm.
2.      Pimpinan persalinan kala II
Kepala janin telah masuk ruang panggul dan umumnya ketuban sudah pecah. Bila masih utuh harus dipecahkan. Jika wanita hamil merasa adanya dorongan mengeran maka penolong harus memimpin mengejan.
Cara memimpin mengejan:
a.       Mengejan bersifat refleks dan akan terjadi dengan sendirinya, tetapi ada beberapa yang perlu bimbingan karena pengejanan tidak efektif. Mengejan hanya diperbolehkan pembukaan sudah lengkap dan adanya his.
b.      Letak terlentang, kedua kaki di fleksikan, kedua tangan memegang  kaki atau tepi tempat tidur sebelah  atas. Bila keadaan janin kurang baik mengejan dalam posisi miring.
c.       Pada permulaan his dianjurkan menarik nafas dalam, tutup mulut, mengejan sekuat tenaga dan selama mungkin. Bila his tidak ada dianjurkan istirahat sampai adanya his lagi.
d.      DJJ diperiksa setiap 10-15 menit diantara dua his. Selain itu nadi perlu diawasi karena nadi cepat antara lain menunjukkan kelelahan dan perlu dipikirkan apakah pengejanan masih dapat dilanjutkan.
Bila kepala janin sampai diluar panggul, vulva mulai terbuka, rambut kepala kelihatan, tiap his kepala lebih maju, anus terbuka, perinium menegang. Penolong harus menahan perinium dengan kanan beralaskan kain kasa supaya tidak terjadi robekan.
Bila perinium menegang dan menipis, maka tangan kiri penolong menekan bagian belakang kepala janin ke arah anus. Tangan kanan diperinium dengan ujung-ujung jari tangan kanan yang melalui kulit perinium di coba mengait dagu janin dan di tekan kearah sympisis pelan-pelan. Dengan pimpinan yang baik maka lahirlah kepala dengan ubun-ubun kecil (subocciput) di bawah sympisis sebagai hipomoclion secara berturut-turut kelihatan: Bregma(UUB), dahi, muka, dagu. Perhatikan apakah tali pusat melilit leher, kalau ada bebaskan. Kepala akan mengadakan putaran restitusi kearah dimana punggung janin berada. Lahirlah bahu depan dengan menarik kepala kearah anus (bawah) lalu bahu belakang dengan menarik pelan kearah sympisis (atas). Melahirkan badan, bokong, dan kaki lebih mudah yaitu dengan mengait kedua ketiak janin.
3.      Pimpinan persalinan kala III
Setelah bayi lahir harus tentukan tinggi fundus uteri dan kontraksi uterus. Jika kontraksi uterus keras dan tak ada perdarahan, penolong hanya menunggu sampai plasenta lepas. Tangan penolong diletakkan diatas fundus untuk menjaga supaya tidak naik dan tidak menggelebung karena terisi darah.
Tanda-tanda pelepasan plasenta:
ü  Fundus uteri naik
ü  Tali pusat terlihat lebih panjang
ü  Uterus bulat dan keras
ü  Pengeluaran darah dengan tiba-tiba
ü  Dengan prasat-prasat antara lain:
·         Prasat kustner
Tangan kanan menegangkan tali pusat, tangan kiri menekan daerah diatas symphisis bila tali pusat tidak masuk lagi kedalam vagina berarti plasenta telah lepas.
·         Prasat strasman
Tangan kanan mengkat tali pusat, tangan kiri mengetok fundus uteri. Bila terasa getaran pada tangan kanan berarti plasenta belum lepas.
·         Prasat klien
Ibu diminta  mengejan, tali pusat akan turun bila berhenti mengejan tali plasenta masuk lagi berarti plasenta belum lepas.
ü  Tanda perlepasan plasenta terlihat 5-10 menit setah bayi lahir
ü  Tekanan pada fundus uteri hanya boleh dilakukan setelah kontraksi uterus baik untuk mencegah inversio uteri
4.      Kala IV atau kala pengawasan
Adalah masa kritis yang dihadapi ibu karena bisa terjadi perdarahan. Penyebab utama dari perdarahan adalah kontraksi uterus yang kurang baik.
Penting untuk di ingatkan jangan meninggalkan wanita bersalin 1 jam sesudah bayi dan uri lahir. Sebelum meninggalkan ibu, periksa ulang dan perhatikanlah 7 pokok penting berikut ini:
a.       Kontraksi rahim, dapat diketahui dengan palpasi, bila perlu lakukan massage dan uterotonika.
b.      Perdarahan, ada atau tidak, banyak atau sedikit.
c.       Kandung kemih, harus ada dalam keadaan kosong, kalau perlu anjurkan ibu BAK bila tidak bisa lakukan katerisasi.
d.      Luka-luka, jahitnya baik atau tidak, ada perdarahan atau tidak.
e.       Uri dan selaput ketuban harus lengkap.
f.       Keadaan umum ibu (tekanan darah, nadi, suhu, pernafasan, rasa sakit).
g.      Bayi dalam keadaan baik.

KONSEP IUFD
I            PENGERTIAN
Intra Uterin Fetal Death (IUFD) adalah kematian janin dalam kehamilan sebelum terjadi proses persalinan pada usia kehamilan 28 minggu ke atas atau BB janin lebih dari 1000 gram. ( Kamus istilah kebidanan)
Kematian janin dalam kandungan adalah keadaan tidak adanya tanda-tanda kehidupan janin dalam kandungan. KJDK / IUFD sering dijumpai baik pada kehamilan dibawah 20 minggu / sesudah 20 minggu. (Sinopsis Obstetri, hal: 224)
IUFD adalah kematian janin dalam intrauteri dengan BB janin 500 gram atau lebih / janin pada umur kehamilan sekurang-kurangnya 20 minggu. (Teddy, 1994)
Kematian janin dalam kandungan / IUFD adalah kehamilan yang terjadi saat usia kehamilan lebih dari 20 minggu dimana janin sudah mencapai ukuran 500 gram atau lebih. (dr. Nasdaldy, Sp.OG)
Kehamilan janin dalam rahim (IUFD) adalah kematian janin setelah 20 minggu kehamilan tetapi sebelum permulaan persalinan. (Hacker ; 2001)

II            ETIOLOGI
Ada berbagai penyaebab yang bisa mengakibatkan kematian janin dikandungan, diantaranya :
1.      Ketidak cocokan rhesus darah ibu dengan janin.
2.      Gerakan sangat liar.
3.      Perdarahan, plasenta previa dan solusio plasenta.
4.      Klainan kromosom.
5.      Trauma saat lahir.
6.      Penyakit saluran kencing.
7.      Kelainan bawaan janin.
8.      Penyakit endokrin.
9.      Preeklamsi dan eklamsi.
10.  Penyakit infeksi dan menular.
11.  Malnutrisi, dsb.

III            DIAGNOSIS
1.      Anamesis
      Ibu tidak merasakan gerakan jading dalam beberapa hari / gerakan janin berkurang.
      Ibu merasakan perutnya tidak bertambah besar.
      Ibu merasakan perutnya sering menjadi keras.
      Ibu merasakan sakit seperti mau melahirkan.
2.      Inspeksi
Tidak kelihatan gerakan-gerakan janin
3.      Palpasi
      TFU lebih rendah dari seharusnya tua kehamilan.
      Tidak teraba gerakan janin.
4.      Auskultasi
Tidak terdengar DJJ.
5.      Roentgen foto abdomen
6.      USG
Tidak terlihat DJJ dan gerakan janin.

IV            PENANGANAN
1.      Bila disangka telah terjadi kematian janin dalam rahim, tidak usah terburu-buru bertindak, sebaiknya di observasi dulu dalam-dalam, 2-3 minggu untuk mencari kepastian diagnostik.
2.      Biasanya selama masih menunggu ini, 70-90 % akan terjadi persalinan yang spontan.
3.      Bila setelah 3 minggu KJDK / 1 minggu setelah diagnosis, partus belum mulai, maka wanita tersebut harus dirawat agar dapat dilakukan induksi partus.
4.      Induksi partus dapat dimulai dengan pemberian estrogen untuk mengurangi efek progesterone atau langsung dengan pemberian oksitosin drip, dengan atau tanpa amniotomi.

V            PENGARUH TERHADAP IBU
Kematian janin dalam kandungan 3-4 minggu, biasanta tidak membahayakan ibu. Setelah lewat 4 minggu maka kemungkinan terjadinya kelainan darah (hipo-fibrinogenemia) akan lebih besar karena itu pemeriksaan pembekuan darah harus dilakukan setiap minggu setelah diagnosis ditegakkan. Bila terjadi fibrinogenemia., bahayanya adalah perdarahan post partum. Terapinya adalah dengan pemberian darah segar atau fibrinogen.






























BAB III
TINJAUAN KASUS


I            PENGKAJIAN
Hari/tanggal pengkajian          : Senin, 5 Maret 2012
Jam                                          : 08.00 WIB
Tempat                                    : IRNA 3 ruang KABER RSUD dr. Saiful Anwar Malang
Tanggal MRS                          : 3 Maret 2012
No. Reg                                   : 1206683

A.    Data Subyektif
1.        Biodata
Nama               : Ny. Patmawati          Nama Suami    : Tn. Yudhi
Umur               : 20 tahun                    Umur               : 27 tahun
Agama             : Islam                                     Agama             : Islam
Pendidikan      : SMA                                     Pendidikan      : SMA
 Pekerjaan        : Buruh Pabrik             Pekerjaan         : Satpam
Pengahasilan -                                                              Alamat                        : jl. Gondowangi 2/1   Alamat            : jl. Gondowangi 2/1
                                                                                                              Wagir – Malang                                 Wagir - Malang
           
2.        Keluhan Utama
      Saat MRS: Ibu mengatakan hamil 7 bulan, dan sudah 3 hari yang lalu, yaitu pada tangal 29 Februari 2012 gerakan janinnya tidak dirasakan lagi.
      Saat pengkajian: Ibu mengatakan terasa kenceng-kenceng pada perutnya, dan belum mengeluarkan cairan maupun darah.

3.        Riwayat kesehatan yang lalu
Ibu mengatakan tidak pernah menderita penyakit menular seperti penyakit kuning, TBC; Menurun seperti darah tinggi, kencing manis; menahun seperti jantung dan tidak pernah menderita penyakit yang berhubungan dengan alat reproduksinya seperti tumor, kanker, penyakit menular seksual seperti kencing nananh, sifilis.
4.        Riwayat kesehatan sekarang
Ibu mengatakan tidak sedang menderita penyakit menular seperti penyakit kuning, TBC; Menurun seperti darah tinggi, kencing manis; menahun seperti jantung dan tidak pernah menderita penyakit yang berhubungan dengan alat reproduksinya seperti tumor, kanker, penyakit menular seksual seperti kencing nananh, sifilis.
5.        Riwayat kesehatan keluarga
Ibu mengatakan dalam keluarga tidak ada yang pernah atau sedang menderita penyakit menular seperti penyakit kuning, TBC; Menurun seperti darah tinggi, kencing manis; menahun seperti jantung dan tidak pernah menderita penyakit yang berhubungan dengan alat reproduksinya seperti tumor, kanker, penyakit menular seksual seperti kencing nananh, sifilis.
6.        Riwayat perkawinan
Nikah                                      : 1 kali
Usia pertama menikah             : 19  tahun
Lamanya                                 : 1 tahun
Jumlah anak                            :-
Usia anak terkecil                    :-
7.        Riwayat menstruasi
Menarche                    : 12 tahun
Siklus                          : 28 hari, teratur tiap bulan
Lama                           : ± 6-7 hari
Banyak                        : 2-3 softek/hari
Dismenorhea               : -
Flour albus                  : -
HPHT                          : 17 Agustus 2011 ≈ 28 minggu
TP                                : 24 Mei 2012

8.        Riwayat kehamilan, persalinan, nifas dan KB yang lalu
            Ibu mengatakan ini merupakan kehamilan yang pertama, dan belum pernah menggunakan kontrasepsi sebelumnya.
9.        Riwayat kehamilan sekarag
TM I: Ibu mengatakan tidak memeriksakan kehamilannya. Ibu tidak mengeluh apa-apa.
TM II: Ibu mengatakan memeriksakan kehamilannya ke bidan 1X. Ibu tidak mengeluh apa-apa. Ibu mendapatkan tablet penambah darah, vitamin, penyuluhan tentang nutrisi yaitu tetap makan-makanan yang bergizi yang memenuhi komposisi nasi, lauk pauk, sayur, buah dan minum air putih yang banyak serta penyuluhan tentang tanda-tanda bahaya dalam kehamilan. Ibu mersakan gerakan anak pertama pada usia kehamilan 4 bulan.
TM III: Ibu mengatakan memeriksakan kehamilannya ke bidan 1X. Ibu mengeluh gerakan janinya berkurang. Ibu dianjurkan untuk periksa kerumah sakit.
10.    Pola kebiasaan sehari-hari
Pola
Sebelum MRS
Saat MRS
Nutrisi
-  Makan 3 x/hari, porsi sedang (1entong nasi, 2 potong daging, 1 potong tempe, sayur 1 mangkok, 1 potong buah) dihabiskan.
-  Minum ± 7-8 gelas/hari (air putih dan teh, terkadang susu)
-  Makan 3 x/hari, porsi sedang (1entong nasi, 2 potong daging, 1 potong tempe, sayur 1 mangkok, 1 potong buah) dihabiskan.
Minum ± 7-8 gelas/hari (air putih dan teh, terkadang susu)

Istirahat
-   Tidur siang  ± 2-3 jam/hari(13.00-15.00 WIB)
-   Tidur malam ± 7-8 jam/hari (21.00-05.00 WIB).Dan terbangun ketika ibu mau BAK
Ibu tidak bisa tidur karena sering timbul kontraksi.
Aktivitas
Ibu mengerjakan semua pekerjaan rumah tangga seperti masak, menyapu dan mengurus keperluan suami, serta bekerja sebagai buruh pabrik.
Ibu hanya berbaring di tempat tidur.
Eliminasi
-  BAB 1 x/hari tiap pagi konsistensi lunak, warna kuning, tidak ada keluhan.
-  BAK 5-6 x/hari, warna kuning jernih, bau khas.
Ibu mengatakan belum BAB
BAK 7-8x/hari.
Personal
Hygiene
-  Mandi 2 x /hari, gosok gigi, ganti pakaian tiap 2 kali, keramas 3-4 x /minggu.
Ibu hanya diseka.
        
11.    Data Psikososial
a.       Psikologis
Ibu mengatakan merasa khawatir dengan keadaan bayi dan dirinya. Ibu berharap persalinannya berjalan normal dan bayi lahir dengan selamat.
b.      Sosial
Ibu mengatakan tinggal serumah dengan suami dan ibunya, hubungannya dengan suami dan keluarga dan tetangga harmonis. Keluarga mendukung kehamilannya
12.    Data Sosial Budaya
Ibu mengatakan di lingkungan keluarga dan masyarakatnya masih menganut budaya jawa seperti upacara selamatan 3 bulanan dan 7 bulanan.
13.    Data Spiritual
            Ibu mengatakan beragam Islam, taat beribadah dan tidak percaya tahayul serta selalu berdoa agar persalinannya berjalan normal dan bayinya selamat.

B.     Data Obyektif
1.      Pemeriksaan umum
Keadaan umum          :       cukup
Kesadaran                   :       composmentis
TTV    TD                   :       120 / 80 mmHg
Nadi                :       84 x / menit
Suhu                :       369  oC
RR                  :       20 x / menit
BB sebelum hamil      :  49 Kg
BB sekarang               :       55 Kg
TB                               :       158 cm
LIlA                            :       25 cm
HPHT                         : 17 Agustus 2011
UK                              :       28 minggu
TP                               :       24 Mei 2012
2.      Pemeriksaan fisik
a.    Inspeksi
Kepala                      : bersih, tidak tampak ketombe, tidak ada lesi, per-tumbuhan rambut merata, warna hitam, lurus, tidak rontok.
Wajah                       : simetris, tidak tampak oedema, tidak ada kloasma gravidarum, menyeringai ketika ada kontraksi
Mata                         : simetris, conjungtiva merah mudah, sklera putih.
Hidung                     : bersih, tidak ada polip, tidak ada secret, tidak ada pernafasan cuping hidung
Mulut                       : mukosa bibir lembab, tidak ada stomatitis, tidak labioskisis dan palatokisis, tidak ada caries gigi, tidak ada gigi palsu.
Leher                        : tidak tampak pembesaran kelenjar tyroid dan bendungan vena jugularis.
Dada / payudara       : simetris, bersih, puting susu menojol, hiperpigmentasi areola mamae, colostrum -/-
Abdomen                 :  tampak tegang, terdapat linea nigra, tidak ada luka bekas SC, pembesaran sesuai dengan umur kehamilan.
Genetalia                  : bersih, pertumbuhan pubis merata, tidak tampak odema, tidak ada condiloma acuminata, tidak tampak  varises, tidak ada pembesaran kelenjar skene dan bartholini.
Anus                         : bersih, tidak tampak hemeroid, anus belum membuka.
Ekstremitas atas       : simetris, pergerakan normal, tidak tampak odema tidak ada sindaktil, polidaktil, terpasang infus NS drip Oxytocin 20 unit pada tangan sebelah kanan dengan kecepatan 28 tpm.
Ekstremitas bawah   : simetris, pergerakan normal, odema -/-, tidak ada varises, tidak ada sindaktil dan polidaktil. 

b.    Palpasi
Kepala             : tidak ada nyeri tekan, tidak teraba benjolan abnormal.
Leher               : tidak ada pembesar kelenjar tyroid dan vena jugularis.
Payudara         : tidak teraba benjolan abnormal, tidak ada nyeri tekan colostrum belum keluar -/-
Abdomen
Leopod I     : TFU 3 jari di atas pusat (20 cm), teraba bulat, keras dan tidak melenting.
Leopod II   : Teraba keras memanjang datar seperti papan disebelah kiri perut ibu dan teraba bagian kecil janin sebelah kanan perut ibu.
Leopod III   : teraba bulat, lunak, melenting dan tidak bisa digoyangkan.
Leopod IV   :             bokong masuk 2/5 bagian.
TBJ             : (20-12) x 155 =  1240 gram
His              : 10’ 2 x 20’
c.    Auskultasi
Dada               : tidak terdengar ronchi, wheezing.
Djj                   : -
d.    Perkusi
Reflek patella : +/+

3.      pemeriksaan dalam
tanggal       : 5 Maret 2012
jam             : 08.30 WIB
VT             : V/V                           : -
Pembukaan                  : 7 cm
Efficement                  : 75%
Ketuban                      : +
Presentasi                    : bokong
Denominator               : -
Molage                        : -
Hodge                         : 2
4.      Pemeriksaan penunjang
USG          : DJJ (-), gerak janin (-), uterus mengecil
Lab (Darah Lengkap):
Jenis
Hasil
Harga normal
Leukosit
20.000 /µl
N : 3500 - 10.000
Hemoglobin
11,7 mg/dl
N : 11,0 - 16,5
Hematokrit
32,1 %
N : 35,0 - 50,0
Trombosit
86.000
N : 150000 – 3390000


II            IDENTIFIKASI DIAQNOSA DAN MASALAH
DX      : G1 P0000 Ab000 UK 28 minggu, hidup, mati, letbok, intrauterine, inpartu kala 1 fase aktif dengan IUFD.
DS       : Ibu mengatakan hamil 7 bulan, dan sudah 3 hari yang lalu gerakan janinnya tidak dirasakan lagi.
DO      : Keadaan umum         : cukup
            Kesadaran                   : composmentis
            TTV     TD                   : 150/90 mmHg
                        Nadi                : 102x/menit
                        Suhu                : 36C
                        RR                   : 20x/menit
                        HPHT              : 17 Agustus 2012
                        TP                    : 24 Mei 2012
Inspeksi
Wajah                       : simetris, tidak tampak oedema, tidak ada kloasma gravidarum, menyeringai ketika ada kontraksi
Mata                         : simetris, conjungtiva merah mudah, sklera putih.
Dada / payudara       : simetris, bersih, puting susu menojol, hiperpigmentasi areola mamae, colostrum -/-
Abdomen                 :  tampak tegang, terdapat linea nigra, tidak ada luka bekas SC, pembesaran sesuai dengan umur kehamilan.
Palpasi
Abdomen
Leopod I     : TFU 3 jari di atas pusat (20 cm), teraba bulat, keras dan tidak melenting.
Leopod II   : Teraba keras memanjang datar seperti papan disebelah kiri perut ibu dan teraba bagian kecil janin sebelah kanan perut ibu.
Leopod III   : teraba bulat, lunak, melenting dan tidak bisa digoyangkan.
Leopod IV   :             bokong masuk 1/5 bagian.
TBJ             : (20-12) x 155 =  1240 gram
His              : 10’ 2 x 20’
Auskultasi
DJJ: -

III            IDENTIFIKASI MASALAH POTENSIAL
ü  Potensial terjadi infeksi
ü  Potensi terjadi koagulasi

IV            IDENTIFIKASI KEBUTUHAN SEGERA
Kolaborasi dengan Dr. SpOG untuk melahirkan janin yang telah mati.

V            INTERVENSI
DX      : G1 P0000 Ab000 UK 28 minggu, hidup, mati, letbok, intrauterine, inpartu kala 1 fase aktif dengan IUFD.
Tujuan : Setelah dilakukan asuhan kebidana selama 2x3 jam diharapkan kemajuan persalinan berjalan normal, tidak terjadi komplikasi untuk ibu dan janin yang memperberat kondisi saat ini.
Kriteria hasil    : Keadaan umum baik
                        Kesadaran composmentis
TTV dalam batas normal         TD       : 140-150 sistole/90-100 diastole
Nadi    : 80-100x/menit
Suhu    : 365-375 0C
RR       : 16-24x/menit
Tidak terjadi komplikasi yang semakin memperberat keadaan ibu.
Intervensi
1.      Lakukan pendekatan pada klien.
R/ agar pasien lebih kooperatif, dan memudahkan dalam menjalankan tindakan.
2.      Jelaskan pada ibu mengenai hasil pemeriksaan.
R/ agar ibu dapat mengetahui mengenai keadaannya saat ini.
3.      Beritahu keluarga bahwa janin harus segera dilahirkan.
R/ agar tidak menjadi toksin ditubuh ibu.
4.      Anjurkan keluarga untuk mengambil keputusan tentang cara bayi akan dilahirkan.
R/ agar bayi dapat segera dilahirkan dengan cara yang tepat.
5.      Beri dukungan mental pada ibu dan keluarga.
R/ agar ibu dan keluarga dapat bersabar dan dapat menerima kenyataan.
6.      Anjurkan pada ibu untuk menjaga kesehatan pasca tindakan melahirkan bayi dengan induksi.
R/ agar kehamilan selanjutnya dapat berjalan normal.

VI            IMPLEMENTASI
Tanggal                    : 5 Maret 2012
Jam                           : 10.00 WIB
1.      Melakukan pendekatan pada klien, agar pasien lebih kooperatif, dan memudahkan dalam menjalankan tindakan dengan memperkenalkan diri, memberitahu maksud dan tujuan tindakan yang akan dilakukan pada ibu.
2.      Menjelaskan pada ibu mengenai hasil pemeriksaan, supaya ibu mengetahui akan keadaannya, yaitu bahwa janin dalam kandungan ibu telah meninggal yang ditandai dengan tidak adanya gerakan janin yang dirasakan oleh ibu dan tidak tedengarnya DJJ saat pemeriksaan berlangsung.
3.      Memberitahu pada ibu dan keluarga agar segera mengambil keputusan untuk segera melahirkan janin agar nantinya tidak mengganggu kondisi kesehatan ibu dan tidak menjadikan racun / toksin ditubuh ibu.
4.      Memberitahu ibu dan keluarga tentang tindakan yang akan dilakukan agar janin sesegera mungkin dilahirkan yaitu bidan berkolaborasi dengan Dr. obgin yang nantinya ibu akan dilakukan pemberian misoprostol 200 mg per oral / 12 jam (tindakan induksi persalinan).
5.      Memberi dukungan mental kepada ibu dan keluarga agar ibu dan keluarga sabar dan dapat menerima keadaan yang terjadi. Memberi dukungan dan pendampingan pada ibu untuk tetap tabah dan menyerahkan segalanya pada yang lebih berkuasa, yaitu Tuhan. Ibu mengatakan sudah dapat menerima kematian bayinya dan mengatakan ikhlas atas hal tersebut.
6.      Menganjurkan pada ibu dan suami untuk memikirkan tentang pemeriksaan kesehatan secara keseluruhan guna mempersiapkan kehamilan yang berikutnya agar penyebab kematian bayinya dapat diketahui dan kejadian yang sama tidak akan terulang kembali.

VII            EVALUASI  
Kala II
Tanggal                    : 5 Maret 2012
Jam                           : 11.00 WIB
     
S    :Ibu mengatakan perutnya kenceng-kenceng, keluar cairan, ingin meneran dan rasanya ingin BAB.
O   : -dorongan ingin meneran
      -tekanan pada anus
      -perinium menonjol
      -vulva membuka
      - pumbukaan 10 cm
      -penurunan kepala 0/5
A         : G1 P0000 Ab000 UK 28 minggu, hidup, mati, letbok, intrauterine, inpartu kala 1 fase aktif dengan IUFD.
P    :
1.      Pasien ditidurkan dalam posisi litotomi.
2.      Antiseptik vulva dan sekitarnya dengan betadin.
3.      Kandung kemih dikosongkan dengan kateter lalu dilepaskan.
4.      Operator berdiri didepan vulva dan melakukan VT, pembukaan lengkap.
5.      Ketika timbul his, ibu disuruh mengejan dengan merangkul kedua pangkal paha. Pada waktu bokong membuka vulva,disuntikkan oxytocin.
6.      Saat bokong lahir, bokong dicengkram secara brach (kedua ibu jari operator sejajar sumbu panjangdan jari-jari lain memegang punggung).
7.      Pada setiap his, ibu disuruh mengejan. Pada waktu his, pusat lahir dengan tampak meregang. Tali pusat dikendorkan terlebih dahulu.
8.      Operator melakukan hiperlordosis pada badan janin (punggung janin didekatkan ke punggung ibu, dan perut janin didekatkan ke perut ibu). Operator melakukan gerakan ini tanpa tarikan. Bersamaan dengan hiperlordosis, seorang asisten melakukan klisteler.
9.      Dengan gerakan hiperlordosis, berturut-turut lahir tali pusat, perut, bahu, lengan, dahi, mulut, dan akhirnya seluruh kepala. Lahirnya bayi perempuan mati, dengan berat badan 980 gr dan panjang badan 30 cm, AS 0/0  pada jam 11.30 dalam keadaan mati.
10.  Tali pusat di klem di dua tempat, 5 cm dan 10 cm diatas perut bayi dan dipotong ditengah-tengahnya.

Kala III
Tanggal           : 5 Maret 2012
Jam                  : 11.35  WIB

S          : Ibu mengatakan perutnya terasa mules-mules.
O         : - tali pusat ada di depan vulva
- ada semburan darah di introitus vagina
- uterus globuler atau keras
- TFU setinggi pusat
- Bayi lahir jam 11.30 WIB jenis kelamin perempuan BB 980 gram, PB 30cm, dalam keadaan mati.         
A         : P0010 Ab000 post partum normal dengan IUFD.
P          :
1.      Plasenta dilahirkan secara PTT (Penegangan Tali pusat Terkendali), berat 500 gr, diameter 20 cm, panjang 30 cm.
2.      Eksplorasi jalan lahir, serviks, vagina.

Kala IV
Tanggal           : 5 Maret 2012
Jam                  : 11.50 WIB

S          : Ibu mengatakan perutnya terasa mules-mules.
O         :- plasenta lahir jam 11.40 WIB
             - keadaan umum         : cukup
             - kesadaran                 : composmentis
             - TTV             TD       : 120/80 mmHg
                                    Nadi    : 84x/menit
                                    Suhu    : 365 ºC
            - UC keras
            - perdarahan ± 200 cc
            - lochea rubra
            - kandung kencing kosong
A         :P0010 Ab000 kala IV
P          :
1.      Melanjutkan pemantauan kontraksi dan mencegah perdarahan pervaginam.
a.       Setiap 15 menit pada 1 jam pertama pasca persalinan.
b.      Setiap 30 menit pada 1jam kedua pasca persalinan.
2.      Mengajari ibu kontraksi yang baik yaitu perutnya keras dan terasa mules. Jika lembek menganjurkan ibu untuk menggosok-gosoknya.
3.      Mengevaluasi dan estimasi jumlah kehilangan darah ± 200 cc.
4.      Memeriksa nadi ibu, kandung kemih setiap 15 menit selama 1 jam pertama dan setiap 30 menit selama 1 jam kedua pasca persalinan.
5.      Menyeka ibu dengan air DDT dan bantu ibu memakai baju bersih.
6.      Memastikan ibu merasa nyaman.
7.      melengkapi partograf

BAB IV
PENUTUP

I            Kesimpulan
Mahasiswa mampu memahami teori tentang persalinan dengan IUFD serta dapat memberikan asuhan kebidanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Asuhan yang diberikan meliputi pengkajian data baik secara subyektif maupun obyektif  dari data yang telah dikumpulkan mahasiswa dapat mendiagnosa Ny.”R” G1 P00000 Ab000 UK 28 minggu, tunggal, mati, intruterin. Keadaan umum ibu dan janin cukup sesuai dengan diagnosa dilakukan antisipasi masalah potensial dan menetapkan kebutuhan segera bila ada komplikasi.
Intervensi dan implementasi disesuaikan dengan kondisi ibu, kemudian untuk meninjau keefektifan asuhan yang telah diberikan mahasiswa melakukan evaluasi yang juga sebagai koreksi untuk memberikan asuhan selanjutnya.

II            Saran
A.    Mahasiswa
      Mahasiswa diharapkan lebih mendalami kembali  teori persalinan  dan IUFD sehingga dapat memberikan asuhan kebidanan yang tepat dan efektif sesuai dengan teori yang ada.
      Dengan praktik kebidanan ini mahasiswa dapat menggali dan mendapatkan pengalaman hendaknya lebih aktif selama berada di lahan praktek.

B.     Institusi
Institusi diharapkan menyediakan sumber-sumber pustaka yang up to date sehingga mahasiswa dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan terutama dalam bidang kesehatan.

C.    Lahan praktek
RSUD Dr. Saiful Anwar Malang lebih meningkatkan mutu pelayanan kesehatan dan lebih konservatif terhadap asuhan yang diberikan pada ibu inpartu dengan IUFD.
DAFTAR PUSTAKA

1.      Bagian Obstetri dan Ginekologi fakultas kedokteran universitas padjdjaran Bandung.1983.Obstetri Fisiologi.Bandung:percetakan dan penerbitan ELEMAN- Bandung.
2.      Chaoman vicky.2006.Asuhan Kebidanan persalinan dan kelahiran.jakarta:EGC
3.      Dieka.andikomidwife.blogspot.com/2009/07/14
4.      Hanawaty.wordprress.com/2009/07/14
5.      Jaringan nasional pelatihan klinik.2007.Asuhan persalinan normal asuhan esensial persalinan.jakarta:JNPK-KR/POGI dan JHPIEGO CORPORATION
6.      Mansjoer,2005.kapita selekta. Jakarta:media aesculapius
7.      Mochtar,rustam.1998.Sinopsis Obstetri edisi II.jakarta:EGC
8.      Sarwono.2006. Ilmu Kebidanan.jakarta:yayasan bina pustaka
9.      Sumspraja,sudraji.persalinan normal.jakarta:gaja baru
10.  Varney hellen.2007.Buku Ajar Kebidanan edisi IV volume 2.jakarta:ECG
11.  Wiknjasastro hanifa.2005.Ilmu Bedah Kebidanan.jakarta:yayasan bina pustaka
12.  Kematian-janin-dalam-kandungan-iufd.html
13.  Asuhan-kebidanan-pada-iugr-dan-iufd.html
14.  KOTAK MEDIS _ IUFD.htm
15.  Askeb-iufd.html

1 komentar:

  1. Casino & Slots | Dr.MCD
    All 대전광역 출장마사지 Slot Machines for FREE Play 여수 출장샵 at Casino.com. Play casino slots and Vegas casino 양산 출장마사지 games for FREE here! Check your slot 통영 출장안마 machines games 영천 출장마사지 here!

    BalasHapus